SKRIPSI

Penulis / NIM
SUTRIANI SUBETAN / 221413078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK Sutriani Subetan. 221 413 078. Peran Kepala Sekolah Dalam Mengatasi Kurangnya Disiplin Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Walea Besar Kabupaten Tojo Una-Una. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, di bawah Bimbingan Hj. Maisara Sunge, SH, MH dan Rasid Yunus, S.Pd,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kepala Sekolah Dalam Mengatasi Kurangnya Disiplin Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Walea Besar. untuk mengetahui faktor yang menyebabkan kurangnya Disiplin Siswa Di Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Walea Besa. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Metode Kualitatatif Deskriptif. Adapun Tekhnik Pengumpulan Data melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi yang selanjutnya data di analisis melalui Reduksi, Penyajian dan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) peran yang dilakukan kepala sekolah dalam mengatasi pelanggaran terhadap pelanggaran yaitu Wali kelas atau guru diefektifkan, Memberikan sosialisasi terhadap siswa tentang pentingnya disiplin dan memberikan sanksi terhadap siswa sesuai dengan aturan yang diberlakukan di sekolah. (2) Faktor-faktor yang dapat meyebabkan siswa melakukan pelanggaran terhadap aturan disiplin yang berlaku disekolah di antaranya yaitu kurangnya kesadaran siswa terhadap disiplin itu sendiri, Jarak rumah siswa jauh dengan sekolah, kurangnya alat transportasi siswa dan Kurangnya kesadaran siswa. Kurangnya kesadaran siswa dalam mematuhi aturan sekolah merupakan penyebab utama siswa untuk terlambat. Kesimpulan dalam penelitian ini yakni peran kepala sekolah telah diterapkan dengan baik dan mengacu pada tugas dan fungsi serta wewenang kepala sekolah kemudian untuk faktor yang menyebabkan siswa melakukan pelanggaran disiplin dikarenakan oleh faktor internal maupun eksternal dari siswa tersebut dimana faktor yang kuat yakni faktor eksternal. Sehingga dengan hasil ini maka perlunya tindakan dan kebijakan tepat sasaran dari kepala sekolah terhadap berbagai pelanggaran disiplin di sekolah. Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Disiplin Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011