Penulis / NIM
MEWIN MADILI / 221413085
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Mewin Madili. 2020. "Penggunaan Model (Open Ended) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIII SMPN 2 Suwawa Timur Kabupaten Bone Bolangoââ. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Ibu Asmun W.Wantu S.Pd, M, Sc, Pembimbing (2) Bapak Rasid Yunus S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa tentang makna tata urutan peraturan perundang-undangan pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran (Open Ended) di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Satu atap Suwawa Timur. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 satu atap Suwawa Timur. Permasalahan utama penelitian ini adalah rendahnya minat siswa pada mata pelajaran PPkn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi kegiatan guru, dan pengamatan kegiatan belajar mengajar siswa serta hasil tes belajar siswa setelah menerima materi pelajaran.
Penelitian ini dilakukan dalam I siklus 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran (Open ended) maka minat belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini terlihat pada minat belajar siswa yaitu pada siklus I pertemuan pertama hanya 71%, sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II sebagai resfleksi dari siklus I. pada siklus II terjadi peningkatan pada minat belajar siswa yaitu dari 71% meningkat menjadi 85%. Oleh karena itu berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa jika guru menggunakan model pembelajaran (Open Ended) maka minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn khususnya materi makna tata urutan peraturan perundang-undangan akan meningkat, teruji dan dapat diterima.
Kata Kunci : Model (Open Ended), Minat Belajar, Pembelajaran PPKN
Download berkas