Penulis / NIM
RAHIM S. PALAR / 221413090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUCYANE DJAFAAR, M.Pa / 0006116804
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Rahim S Palar (Imho) 2018. "Kinerja Guru PPKn Dalam Meningkatkan Semangat Nasionalisme Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Paleleh Kabupaten Buol. Skripsi Program Studi PPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Luchyana Djaafar, M.Pa selaku pembimbing I dan Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Guru PPKn dalam meningkatkan semangat nasionalisme siswa di SMA Negeri 1 Paleleh Kabupaten Buol dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi guru PPKn dalam meningkatkan kinerja guru PPKn dalam meningkatkan semangan nasionalisme siswa di SMA Negeri 1 Paleleh Kabupaten Buol. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Adapaun tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya data dianalisis melalui reduksi, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja seorang guru PPKn dalam meningkatkan semangat nasionalisme siswa belum tercapainya, hal ini dapat kita lihat dari keseharian guru PPKn di sekolah yang kurang memberikan penjelasan kepada siswa tentang hidup berorganisasi, mencintai budaya bangsanya sendiri serta memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yakni saling menghargai antar sesama dan membantu teman dalam kesusahan. Selain itu kurangnnya program-program sekolah dalam kegiatan yang berkaitan dengan semangat nasionalsime siswa yakni kegiatan memperingati hari-hari besar nasional dan penjelasan guru tentang semangat berkebangsaan. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan kreatifitas guru PPKn dalam meningkatkan semangat nasionalisme siswa belum maksimal tercapai dan faktor yang mempengaruhinya adalah perkembangan teknologi yang diarahkan siswa kearah yang negatif, dari hal tersebut peneliti merekomendasikan hal-hal sebagai berikut : 1) Perlunya melakukan arahan dan bimbingan rutin kepada siswa-siswi tentang semangat nasionalisme, 2) Guru seharusnya banyak mengikuti kegiatan " kegiatan yang menunjang untuk pengembangan potensi diri dalam meningktakna kinerjanya, 3) Meningkatkan musyawarah kerja guru, dan 4) Lebih ditingkatkan program-program sekolah yang dapat menimbulkan semangat nasionalisme dalam diri siswa.
Kata Kunci : Kinerja Guru PPKn, Nasionalisme Siswa
Download berkas