Penulis / NIM
NOPA PAKAYA / 221414002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
MONALISA HASAN, 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siwa Melalui Model Pembelajaran Aktif Keatif Efektif Dan Menyenangkan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas VIII7 Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Gorontalo. Skripsi, Pembimbing I : Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd, Pembimbing II : Rasyid Yunus, S.Pd, M.Pd. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi SI Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Gorontalo.
Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui model Pembelajaran Aktif Keatif Efektif Dan Menyenangkan di kelas VIII7 SMPN 8 Gorontalo. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas adapun yang menjadi subjek penelitian ini yakni siswa kelas VIII7 SMPN 8 Gorontalo dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang . Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode ceramah dan diskusi.Tehnik pengumpulan data adalah observasi, tes dan tehnik dokumentasi. Adapun yang menjadi tehnik pengelolahan data dan analisis data yaitu menggunakan model Pembelajaran Aktif Keatif Efektif Dan Menyenangkan yang dilaksanakan dengan I siklus II pertemuan dengan kriteia ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 dan indikator ketuntasan klasikal adalah 75%.
Hasil Penelitian yang dilakukan dilihat dari 3 Aspek yaitu kognitif, afektif, psikomotor menunjukan bahwa tingkat perkembangan hasil belajar siswa terhadap pelajaran PPKn dengan menggunakan model Pembelajaran Aktif Keatif Efektif Dan Menyenangkan. Penelitian ini dilakukan dalam I siklus dan II kali pertemuan. Yakni Siklus I Pertemuan I: berdasarkan KKM yang ditentukan dan jumlah siswa 30 orang siswa terdapat 16 siswa yang dinilai sudah mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 53% dari ketuntasan yang telah ditetapkan. Siklus I Pertemuan II: dari jumlah siswa 30 orang terdapat 25 orang siswa yang dinilai telah mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 83% dari ketuntasan yang telah di tetapkan hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa yakni dari observasi awal (30%), pertemuan pertama diperoleh rata-rata hasil belajar siswa (53%), dan pertemuan kedua meningkat menjadi 83% atau mencapai kriteria ketuntasan,
Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Pembelajaran Aktif Keatif Efektif DanMenyenangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII7 SMPN 8 Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar PPKn, Model PAKEM
Download berkas