SKRIPSI

Penulis / NIM
STIVANI A. F. MALOTO / 221414005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK STIVANI A.F MALOTO, 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Fleming Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas X TlTL2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Gorontalo. Skripsi, Pembimbing I : Asmun W. Wantu. S.Pd. M.Sc., Pembimbing II : Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd. fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi SI Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran FLEMING di kelas X TITL2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Gorontalo. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, adapun yang menjadi subjek penelitian adalah kelas X TITL2 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Gorontalo dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan tekhnik dokumentasi. Adapun yang menjadi teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan model pembelajaran Fleming yang dilaksanakan dengan I siklus II kali pertemuan, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 75%. Hasil penelitian yang dilakukan dilihat dari 3 aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotor yakni siklus I pertemuan I : berdasarkan KKM yang ditetapkan, dari jumlah siswa 22 orang terdapat 10 orang siswa yang dinilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 45% dari ketuntasan yang telah ditetapkan. Siklus I pertemuan II : dari jumlah siswa 22 orang terdapat 18 orang siswa yang dinilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 82% dari ketuntasan yang telah ditetapkan. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa yakni dari 23% (observasi awal), meningkat menjadi 45% (pertemuan I), dan 82% (pertemuan kedua). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Fleming dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas X TITL2 Sekolah Menengah Kejuruan 3 Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Fleming
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011