Penulis / NIM
NINING TAHIR / 221414010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
NINING, Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran PKn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Di Kelas X IPA-3 SMA Negeri1 Telaga. Pembimbing I Hj. Maisara Sunge SH.MH dan Pembimbing II Asmun W. Wantu S.Pd, M.Sc
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write di kelas X IPA-3 SMA Negeri 1 Telaga. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA-3 tahun pelajaran 2017/2018 SMA Negeri 1 Telaga. Kabupaten Gorontalo Kelas X IPA -3 terdiri dari 29 siswa, 12 putra dan 17 putri Metode penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanan tindakan, serta refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ; 1) Model pembelajaran Think Talk Write adalah salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mata pelajaran PKn karena bisa meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas X IPA-3 SMA Negeri I Telaga Kabupaten Gorontalo, 2) Tingkat pemahaman siswa yang dilihat dari hasil ulangan harian siswa mengalami peningkatan dibandingkan pada pertemuan I. Hasil belajar yang diperoleh dari pertemuan I sebesar 55.17% meningkat menjadi 93.01% pertemuan ke III, 3) Hipotesis penelitian yang mengatakan, terdapat hasil pemahaman belajar siswa yang meningkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dapat diterima
Kata Kunci : Model Pembelajaran TTW dan Pemahaman Siswa
Download berkas