Penulis / NIM
WAYAN PINI PURNAWATI / 221414019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
Wayan Pini Purnawati. 2018. Analisis Penguasaan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Calon Guru PPKn Dalam Mata Kuliah PPL I di Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si. Permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini mengenai bagaimana penguasaan kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru PPKN dalam mata kuliah PPL 1 serta apa saja faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pembentukan kompetensi pedagogik dalam mata kuliah PPL 1 di Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mengambil lokasi penelitian di Universitas Negeri Gorontalo, tepatnya di Juruan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan. Dengan sumber data mahasiswa peserta PPL 1 tahun 2018, dosen pembimbing, serta pihak jurusan dan lembaga LP3M. pengumpulan data dengan metode observasi/pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik a nalisis dengan menggunakan model Milles dan Huberman yakni dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan..
Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik Mahasiswa PPKn di Universitas Negeri Gorontalo yang telah melaksanakan PPL 1 tahun ajaran 2018 sebagian besar berkategori sangat baik yakni sebanyak 47,9% sangat baik, 28% baik, 12,8% berkategori cukup dan 11,2% berkategori kurang.
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Mahasiswa PPL
ABSTRACT
Purnawati, Wayan Pini. 2018. An Analysis on Mastery of Pedagogic Competency by Student Candidate of PPKn Teacher in Teaching Practice (PPL) I Subject in Universitas Negeri Gorontalo Principal Supervisor: Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd. Co-supervisor: Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si. The problem identification of this research is how the mastery of pedagogic competency by student candidate of PPKn teacher in Teaching Practice (PPL) I Subject and the obstacles factors in forming the pedagogic competency in PPL I in Universitas Negeri Gorontalo.
This study uses qualitative research methods located at the State University of Gorontalo, in the Department of Civil and Legal Sciences with data sources that include students of PPL 1 the year of 2018, supervisors, department's staff, and LP3M institutions. The data were collected through the observation method, interview, and documentation. Data analysis techniques using Miles and Huberman model through data collection, data reduction, data presentation, and conclusion.
The results showed that pedagogic competence of PPKn students at the State University of Gorontalo mostly categorized very good. 47.9% is categorized very well. 28% is good. 12.8% is fair, and 11.2% is less.
Keywords: Pedagogic Competency, PPL Students
Download berkas