SKRIPSI

Penulis / NIM
ARIF YONU / 221414026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK Arif Yonu 221 414 026.Penerapan Model Pembelajaran Explicit Intruction Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VIII SMP Negeri 3 Limboto. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Maisara Sunge, SH. MH dan Pembimbing II Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa memelalui model pembelajaran Explicit Intruction kelas VIII Sekolah menengah Pertama Negeri 3 Limboto. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Peneltian Tindakan Kelas (PTK). Latar penelitian ini berlokasidi SMP Negeri 3 Limboto. Subyeknya Siswa kelas VIII-3 yang berjumlah 25 orang dengan komposisi 14 laki-laki dan 11 perempuan. Dari hasil kegiatan baik pengamatan dan penelitian yang dilaksanakan dalam 1 siklus 3 kali pertemuan terjadi peningkatan. Pada pertemuan awal (prasiklus) siswa yang memperoleh nilai dibawah ketuntasan sebanyak 19 orang siswa dengan presentase 76% dan yang mencapai nilai ketuntasan sebanyak 6 orang siswa dengan presentase 24 %. Hal ini menunjukkan bahwa presentase capaian belum memenuhi indicator ketuntasan. Pada siklus 1 pertemuan pertama siswa yang memperoleh di bawah indicator ketuntasan 9 orang siswa dengan presentase 30% dan yang mencapai nilai indicator ketuntasan 16 orang siswa dengan presentase 64%. Hal ini menunjukkan bahwa presentase capaian belum mencapai indicator ketuntasan. Setelah diadakan siklus 1 pertemuan kedua diperoleh data presentase yang telah mencapai indicator ketuntasan yang telah ditetapakan. 20 orang siswa dengan presentase 80%, sedangkan yang memperoleh nilai di bawah ketuntasan 5 orang siswa dengan presentase 20%. Hal ini menunjukkan bahwa target capaian telah mencapai indicator ketuntasan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Explicit Intruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII3 SMP Negeri 3 limboto. Kata Kunci : Prestasi Belajar siswa, Model Pembelajaran Explicit Intruction, Pada Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011