Penulis / NIM
ARLAN KADIR / 221414033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstrak
ABSTRAK
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 5 GORONTALO
Arlan KadirPeran kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 5 Gorontalo. Skripsi. Program studi pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan, fakultas ilmu sosial, universitas negeri gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si dan Pembimbing II Dr.Udin Hamim, S.Pd.SH.M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah Bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Gorontalo dan Faktor apa saja yang menyebabkan kurangnnya disiplin Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Gorontalo, Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, prosedur pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan melakukan beberapa tahapan yaitu: Observasi, wawancara, dokumentasi. Informan yakni Kepala sekolah, Guru, Siswa
Hasil penelitian menunjukan : (1) Kepala sekolah harus mampu berperan sebagai figur dan mediator. Dijelaskan pula bahwa kepala sekolah harus mampu berfungsi sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, motivator. Namun seiiring berkembangnya zaman menuju globalisasi seharusnya kepala sekolah dapat menyesuaikan diri sesuai dengan fungsinya sebagai kepala sekolah yang professional. (2) Faktor yang mempengaruhi kedisiplinan anak, yakni kurangnya perhatian dari orang tua, kesadaran siswa, serta masih kurangnya sanksi yang tegas terhadap siswa yang telah melangar berulang-ulang kali. Shingganya tugas dan tanggung jawab dalam meningkatkan kedisiplinan anak bukan hanya tugas dari kepala sekolah ataupun lembaga pendidikan, melainkan pengaruh serta pengawasan dari orang tua sangat mempengaruhi pembentukan sikap disiplin anak
Kata kunci : peran kepala sekolah, disiplin siswa
 
Download berkas