SKRIPSI

Penulis / NIM
NORMAYANTI AKUBA / 221414042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
Jurnal ABSTRAK NORMAYANTI AKUBA, 221 414 042. 2018. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Dulupi Kabupaten Boalemo. Skripsi. Jurusan Ilmu hukum dan kemasyarakatan, Prodi PPKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu M.Pd selaku dosen pembimbing 1 dan pak Rasid Yunus, S.Pd,M.Pd selaku dosen pembimbing 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Dulupi. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, adapun yang menjadi subjek penelitian ini yakni siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dulupi dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode ceramah dan tanya jawab. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan dan analisis data yaitu menggunakan model pembelajaran Learning Cycle yang dilaksanakan dengan 1 siklus 2x pertemuan dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 dari indikator ketuntasan adalah 75%. Dari hasil penelitian tindakan ini ditemukan bahwa kemampuan siswa dengan mengacu pada lembaran hasil siswa yang mana hasil mencapai Kemampuan bertanya pada kriteria "baik, 19%, kriteria "cukup 33%, dan kriteria kurang 48%. Kemampuan menjawab pada kriteria "baik 9%, kriteria "cukup 43%. Dan kriteria "kurang 48%. Kemampuan berdiskusi pada kriteria "baik 24%, kriteria "cukup 38%, dan kriteria "kurang 38%. Pada siklus 1 pertemuan 1. Setelah diadakan perbaikan pada siklus 1 pertemuan 2 maka hasil yang diperoleh pada siklus 1 pertemuan 2 meningkat menjadi Kemampuan bertanya pada kriteria "baik, 86%, kriteria "cukup 14%,dan kriteria kurang 0%. Kemampuan menjawab pada kriteria "baik 81%, kriteria "cukup 19%. Dan kriteria "kurang 0%. Kemampuan berdiskusi pada kriteria "baik 86%, kriteria "cukup 14%, dan kriteria "kurang 0%. Dan kini berarti penelitian penulis telah tercapai. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan pemahaman siswa pada Mata Pelajaran Pemdidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Dulupi. Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran Learning Cycle
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011