SKRIPSI

Penulis / NIM
ANITA HALUTI / 221414044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK Anita Haluti, NIM 911414114:, "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pair Checks Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas VII1Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Telaga Skripsi. Pembimbing IDr. HJj zulaeha Ngiu dan Pembimbing IIAsmun W Wantu, S.Pd Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas ilmu social Universitas Negeri Gorontaol2018. Tujuan penelitian ini adalah Dengan menggunakan model pembelajaran pair checks dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara PPKn kelas VII1 di SMP Negeri 1 Telaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Telaga Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, adapun yang menjadi subjek penelitian ini yakni siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode ceramah dan tanya jawab. Teknik pengumpulan data yang dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes hasil belajar,dokumentasi. Adapun yang menjadi teknik pengelolaan dan analisis data yaitu menggunakan modelpembelajaran pair checks dilaksanakan dengan 1 siklus 2x pertemuan dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 dari indikator ketuntasan adalah 75%. Dari hasil penelitian tindakan ini ditemukan bahwa kemampuan siswsa dengan mengacu pada lembaran hasil siswa yang mana hasil mencapai Kemampuan bertanya pada kriteria siklus I pertemuan 1 untuk pengamatan kegiatan guru dari 28 aspek dengan kriteria pencapaian "Ya 16 aspek (57,14%) dan untuk kriteria pada siklus I pertemuan pertama dengan jumlah siswa 25 siswa indikator ketuntasan 11 siswa (44%) dan yang belum mencapai indikator ketuntasan 14 siswa (56%) Data ini menunjukan peningkatan pengelolaan kegiatan proses belajar mengajar dan hasil evaluasi belajar siswa dari siklus I pertemuan pertama Tingkat pengamatan kegiatan guru pada siklus I pertemuan kedua di lihat dari hasil pengamatan kegiatan guru pada siklus I pertemuan 2 dengan jumlah aspek yang dinilai 28 aspek yakni untuk kriteria penilaian "Ya 23/ (82,14%) Serta untuk hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan Kedua dengan jumlah siswa 25 siswa yang mencapai indikator ketuntasan (88%) atau 22 dan yang belum mencapai indiktor ketuntasan 3 siswa atau 12% Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran pair cheks dapat meningkatkan hasil belajar ssiswapadaMataPelajaran Pemdidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga KataKunci : Pemahaman Siswa,Model Pembelajaran Pair check
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011