SKRIPSI

Penulis / NIM
APRIYANI HUSAIN / 221414045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK APRIYANI HUSAIN, 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script dan Artikulasi Di Kelas XI IPA1 Sekolah Menengah Atas Negeri I Limboto. Skripsi, Pembimbing I : Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd, Pembimbing II : Asmun W. Wantu. S.Pd. M.Sc. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi SI Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas XI IPA1 Sekolah Menengah Atas Negeri I Limboto. Siswa sebagai objek penelitian maka sangat perlu dikakukan pengamatan tehadap aspek kognitif yang dilihat dari pemberian tes tertulis, pada aspek afektif seperti bekerja sama dalam kelompok, tanggung jawab, sopan santun dalam berbicara, dan menghargai pendapat orang lain, kemudia yang menjadi tolak ukur pada aspek psikomotor yaitu kemampuan berinteraksi sesama teman, kemampuan berkomunikasi, dan ketepatan mengerjakan tugas Hasil penelitian yang dilakukan dilihat dari 3 aspek yaitu aspek kognitif, afektif, psikomotor menunjukkan bahwa tingkat perkembangan hasil belajar siswa terhadap pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dan Artikulasi. Secara jelas melalui satu siklus yang terdiri dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi selama proses belajar mengajar dengan kriteria penilaian Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), Kurang (K) yakni Pertemuan I : jumlah siswa 30 orang terdiri dari laki-laki sebanyak 11 orang dan perempuan sebanyak 19 orang hasil lembar kegiatan guru yakni : (54%) pada Kriteria Sangat Baik (SB) dan Baik (B) dan hasil observasi kegiatan siswa 2 aspek (50%) Kritera Sangat Baik (SB) dan Baik (B) dan hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 sebanyak 15 orang (50%). Pertemuan II : hasil lembar kegiatan guru yakni : (92%) pada Kriteria Sangat Baik (SB) dan Baik (B) dan, lembar observasi kegiatan siswa (90%) pada Kriteia Sangat Baik (SB) dan Baik (B), dan hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 sebanyak 3 orang (10%). Hal ini terlihat dari meningkatnya hasil belajar siswa yakni dari 27% (observasi awal), meningkat menjadi 50% (pertemuan pertama), dan 90% (pertemuan kedua). Kata Kunci : Hasil Belajar, Cooperative Script dan Artikulasi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011