Penulis / NIM
SRI AYUN S. TOOLI / 221414047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
SRI AYUN S TOOLI, 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran The Power Of Two Di Kelas VIIIE Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Gorontalo. Skripsi, Pembimbing I : Asmun W. Wantu. S.Pd. M.Sc., Pembimbing II : Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd. fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi SI Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Gorontalo.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran The Power of Two di kelas VIIIE Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Gorontalo. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, adapun yang menjadi subjek penelitian adalah kelas VIIIE SMP Negeri 3 Gorontalo dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan tekhnik dokumentasi. Adapun yang menjadi teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan model pembelajaran The Power of Two yang dilaksanakan dengan I siklus II kali pertemuan, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 75%.
Hasil penelitian yang dilakukan dilihat dari 3 aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotor yakni siklus I pertemuan I : berdasarkan KKM yang ditetapkan, dari jumlah siswa 30 orang terdapat 15 orang siswa yang dinilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 50% dari ketuntasan yang telah ditetapkan. Siklus I pertemuan II : dari jumlah siswa 30 orang terdapat 25 orang siswa yang dinilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 83% dari ketuntasan yang telah ditetapkan. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa yakni dari 30% (observasi awal), meningkat menjadi 50% (pertemuan I), dan 83% (pertemuan kedua).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran The Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIIIE SMP Negeri 3 Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar PPKn, Model Pembelajaran The Power of Two
Download berkas