Penulis / NIM
KHADIJAH LASALI / 221414049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
ABSTRAK
Khadijah Lasali, 2018, Nim 221 414 049 "Penerapan Model Pembelajaran Brainstorming (Curah Pendapat) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di Kelas VIII SMP Negeri 1 Dulupi Kabupaten Boalemo". Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Hj. Maisara Sunge, SH, MH selaku pembimbing I dan Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Dulupi Kabupaten Boalemo pada mata pelajaran Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran Brainstorming (Curah Pendapat). Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dulupi dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan tekhnik dokumentasi. Adapun yang menjadi teknik pengolahan data dan analisis data yaitu menggunakan model pembelajaran Brainstorming (Curah Pendapat) yang dilaksanakan dengan I siklus 2 kali pertemuan, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 75%.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya hasil peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganeganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran Brainstorming (Curah Pendapat). Pada kegiatan observasi awal terlihat masih sangat rendah yaitu pada kriteria "Baik". Aspek kesiapan belajar, perhatian dan partisipasi siswa hanya 3 orang atau 15%, pada kriteria "Cukup" aspek kesiapan belajar, perhatian, dan partisipasi hanya 5 orang atau 25%, dan pada kriteria "Kurang" aspek kesiapan belajar, perhatian, dan partisipasi hanya 12 orang atau 70%. Kemudian pada tindakan Siklus I Pertemuan ke-1 pada kriteria "Baik". Aspek kesiapan belajar siswa, perhatian dan partisipasi sebanyak 7 orang atau 35%, kriteria "Cukup" aspek kesiapan belajar, perhatian dan partisipasi sebanyak 6 orang atau 30% dan kriteria "Kurang" aspek kesiapan belajar, perhatian dan partisipasi sebanyak 7 orang atau 35%. Kemudian dilanjutkan pada Siklus I Pertemuan ke-2 jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada kriteria "Baik" yaitu Aspek kesiapan belajar siswa, perhatian, dan partisipasi sebanyak 17 orang atau 85%, kriteria "Cukup" aspek kesiapan belajar, perhatian, dan partisipasi sebanyak 2 orang atau 10% dan kriteria "Kurang" aspek kesiapan belajar, perhatian, dan partisipasi sebanyak 1 orang atau 5%. Ternyata hasil yang diperoleh telah sesuai dengan indikator keberhasilan minimal terjadi peningkatan motivasi belajar siswa.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa mengunakan model pembelajaran Brainstorming telah berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci : Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran PPKn, Model Brainstorming (Curah Pendapat)
Download berkas