Penulis / NIM
SELVIANA DEU / 221414051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Selviana Deu, 2018, 221 414 051 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Melalui mtode Pembelajaran One On One Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Dulupi. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan ibu Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc selaku pembimbing I dan bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi ajar. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah One On One.
Jenis penelitian ini yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dulupi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan pertama menghasilkan nilai dengan presentase 33% atau 7 siswa yang sudah paham dalam proses pembelajaran dari jumlah keseluruhan 21 siswa. Dalam siklus I pertemuan pertama ini masih terhitung rendah karena hanya sebagiannya saja yang paham terhadap materi ajar. Maka dari itu, dilanjutkan ke siklus I pertemuan kedua dengan tujuan agar keseluruhan siswa memiliki nilai sesuai dengan kriteria yang dicapai terhadap materi pelajaran. Siklus II pertemuan kedua ini mempunyai presentase yang mengalami peningkatan namun belum sesuai kriteria yang diinginkan yaitu 65% atau 14 siswa dari 21 siswa, pada siklus I pertemuan ketiga mengalami peningkatan yaitu 87% atau 18 siswa dari 21 siswa.
Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan metode pembelajaran One On One telah tercapai dan mengalami peningkatan yang baik.
Kata Kunci: Hasil Belajar PPKn,Metode One On One
Download berkas