Penulis / NIM
HASMIN DAUD / 221414061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUCYANE DJAFAAR, M.Pa / 0006116804
Abstrak
ABSTRAK
HASMIN DAUD NIM 221414061 â€Pengaruh Pendapatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Ma Cokroaminoto Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo†dibawah bimbingan Dr. H Sukarman Kamuli M.Si. dan Dr. Hj. Lucyane Djaafar, M.pa.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh pendapatan ekonomi orang tua terhadap hasil belajar siswa di Ma Cokroaminoto Talaga Jaya kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah mentode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 27 orang. Iddentifikasi masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Dari pengamatan peneliti bahwa siswa Kelas XI MA Cokroaminoto Talaga Jaya Kota Gorontalo berasal dari kondisi ekonomi keluarga yang berbeda, seperti tingkat pendapatan ekonomi Siswa tua dan kekayaan yang dimiliki Siswa tua sehingga berdampak pada hasil belajar yang berbeda pula. 2. Kecenderungan anak yang tidak mau belajar atau yang tidak mau ikut belajar disekolah dikarenakan tidak adanya uang jajan dan transportasi disekolah, mereka hanya sibuk membantu Siswa tua mencari uang. 3. Anak dari keluarga yang ekonominya tinggi memiliki peluang waktu yang lebih banyak untuk belajar di rumah maupun diluar rumah seperti kursus, bahkan mempunyai guru privat berbeda dengan anak yang ekonominya rendah yang memperoleh pelajaran saat di sekolah saja. 4 Kecenderungan anak di luar jam sekolah yang hanya menghabiskan waktu bermain bukan untuk belajar disebabkan oleh kurangnya perhatian dari Siswa tua dalam hal ini Siswa tua hanya sibuk bekerja demi memenuhi kebutuhan hidup keluarga.
Berdasarkan simpulan yang diperoleh pada penelitian ini bahwa dar hasil penelitian yang dilakukan siswa-siswa Ma Cokroaminoto Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo secara keseluruhan 44,44% berasal dari kelurga dengan pendapatan ekonomi rendah, 25,93% berasal dari pendapatan ekonomi sedang, dan 29,63% berdasar dari orang tua dengan pendapatan ekonomi tinggi
Dari hasil penelitian yang dilakukan maka peneliti dapat memberikan beberapa konstribusi pemikiran untuk dijadikan acuan yaitu 1. Bagi sekolah terutama pengelola sekolah untuk mengupayakan bantuan beasiswa kepada siswa yang berasal dari ekonomi rendah agar siswa tidak berenti sekolah dengan alasan kurangnya atau rendahnya pendapatan ekonomi orang tua. 2. Bagi orang tua kiranya meminimalisir kurangnya angka putus sekolah kepada anak-anaknya dengan cara mengfasilitasi anak-anaknya untuk sekolah dan memanfaatkan program pemerintah tentang sekolah gratis dalam konteks wajib belajar sembilan tahu. 3. Bagi siswa mencari nafkah dan membantu orang tua dalam memenuhi kebutuhan adalah suatu hal yang penting, namun sekolah dalam menimba ilmu pengetahuan serta keterampiran adalah hal yang harus diprioritaska. 4. Bagi peneliti selanjutnya agar kiranya berkenan menambah variabel lain yang memenuhi hasil belajar dan kemauan siswa dalam belajar demi menambah wawasan bagi peneliti dan sebagai data dasar diperttimbangkan pembaca terutama orang tua siswa bahwa betapa pentingnya sekolah bagi anak-anaknya.
Kata kunci: Pendapatan orangtua, Hasil Belajar
Download berkas