SKRIPSI

Penulis / NIM
SATRA HAMDATA / 221414069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
SATRA HAMDATA. 2017. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Di Kelas VII-4 SMP Negeri 3 Limboto". Skripsi. Jurusan S1 Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (I) : Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd. Pembimbing (II) Asmun W. Wantu, S,Pd, M.Sc. Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning merupakan konsep belajar yang memebantu guru dalam mengaitkan materi yang dipelajarinya dengan situasi dunia nyata siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dakam kehidupan sehari-hari dengan melibatkan tujuh komponen afektif yakni kontruktivistik, menemukan (inquiry), bertanya (questioning), Masyarakat belajar (Learning Community), pemodelan (Modelling), refleksi (reflekction), dan penilaian yang sebenarnya (authentic assessment). Penelitian ini merupakan studi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) disalah satu sekolah menengah pertama negeri 3 limboto, bertujuan untuk melihat apakah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan pada kelas VII-4 di sekolah menengah pertama negeri 3 Limboto, yang dilakukan dalam 1 siklus dua kali pertemuan, dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan kegiatan siswa, dan lembar hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; pengamatan kegiatan guru padasiklus 1 (pertemuan 1) mencapai 62%. Kemudian pada siklus 1 (pertemuan 2) mencapai 96%. Hasil belajar siswa pada siklus 1 (pertemuan 1) mencapai 61% sedangkan pada siklus 1 (pertemuan 2) mencapai 88%. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas VII-4 sekolah menengah pertama negeri 3 limboto. Kata Kunci : pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar Siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011