Penulis / NIM
APRIS POLAPA / 221414075
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
APRIS POLAPA. 2018. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Dan Snowball Throwing di Kelas IXF SMP Negeri 3 Kota Gorontalo". Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PPKn di Kelas IXF SMP Negeri 3 Gorontalo. Adupun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Picture and Picture Dan Snowball Throwing. Peneliitan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peserta didik, guru, sekolah, dan peneliti.
Adapun subjek penelitian tindakan kelas ini adalah Kelas IXF SMP Negeri 3 Kota Gorontalo yang terdaftar pada tahun 2017/2018. Jumlah yang menjadi subjek tindakan kelas sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 75% dari jumlah siswa. Berdasarkan KKM yang ditetapkan, maka hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I pertemuan I terdapat 20 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 67% dari ketuntasan yang telah ditetapkan, pada siklus I pertemuan II terdapat 26 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal kelas adalah 87% dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan. Hasil pengamatan kegiatan guru didalam kelas pada siklus I pertemuan I dengan menerapkan model pebelajaran Picture and Picture dan Snowball Throwing menunjukan bahwa IXF SMP Negeri 3 Kota Gorontalo kemampuan guru dalam melaksanaan proses pembelajaran mencapai 67% dan pada pertemuan 2 mencapai 87%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture dan Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas IXF SMP Negeri 3 Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Picture and Picture, dan Snowball Throwing.
Download berkas