Penulis / NIM
WARDA BAPUAI / 221414076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Warda Bapuai 2018. "Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kolb Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas VIII2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Biau. Skripsi. Program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc, selaku dosen pembimbing I dan Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd, selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa tentang materi yang diajarkan khususnya pada mata pelajaran PKn di kelas VIII2 SMP Negeri 1 Biau. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Kolb, dimana hal ini penulis menggambarkan kegiatan atau aktivitas pembelajaran PKn yakni dengan menggunakan model pembelajaran Kolb.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yakni pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa di peroleh yakni yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 12 orang siswa atau 44,44%. Setelah diadakan perbaikan pada siklus 1 pertemuan 2 Meningkat menjadi 22 orang siswa atau 81,48%. dan ini sudah dinyatakan tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kolb dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Biau.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar PPKn, Model Pembelajaran Kolb.
Download berkas