Penulis / NIM
ISRAN HUSAIN / 221414079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
ISRAN HUSAIN Nim. 221 414 079 . Meningkatkan hasil belajar Siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melaui Model Pembelajaran Experiential Learning di kelas VIII5 SMP N 8 Gorontalo. Skripsi .Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial , Universitas Negeri Gorontalo
Permasalah dalam penelitian ini mengenai hasil belajar siswa kelas VIII5 SMP N 8 Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah meningkatkan Hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Experiential Learning pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII5 di SMP N 8 Gorontalo
Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode ceramah dengan menggunakan model pembelajaran Experiential Learning. Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan siswa dan guru dengan menganalisis data utnuk mengetahui peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini dilakukan dalam I Siklus dua kali pertemuan. Yakni pertemuan pertama diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 50 % , dan pertemuan ke dua meningkat menjadi 85 % atau mencapai kritria ketuntasan.
Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Pembelajaran Experiential Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII5 SMP N 8 Gorontalo
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model pembelajaran Experiential Learning
Download berkas