Penulis / NIM
MUHAMMAD PURKAN S. A. SINO / 221414080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUCYANE DJAFAAR, M.Pa / 0006116804
Abstrak
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DECISION MAKING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 LIMBOTO
ABSTRAK
Muhammad Purkan S.A Sino 2018. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran decision making pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas VIII Sekolah Menegah Pertama Negeri 8 Limboto, Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd dan DR. Hj. Lucyane Djaafar, M.Pa.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 8 Limboto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran decision making pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 8 Limboto.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran decision making. Dapat dilihat pada setiap siklus dengan menggunakan lembar pengamatan aktifitas guru dan lembar pengamatan aktifitas siswa selama proses belajar mengajar dengan criteria penilaian sangat baik (SB), baik (B), cukup (C), dan kurang (K) yaitu pertemuan 1: Jumlah siswa 34 orang, laki-laki 15 orang dan perempuan 19 orang. Hasil pengamatan aktifitas guru dari 18 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 22%, pada pengamtan aktifitas siswa dari 10 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 40%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 21 orang atau 62%. Pertemuan 2: Jumlah siswa 34 orang, laki-laki 15 orang dan perempuan 19 orang. Hasil pengamtan aktifitas guru dari 18 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 61%, pada pengamatan aktifitas siswa dari 10 aspek yang mencapai criteria sangatbaik (SB) dan baik (B) sebanyak 70%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 25 orang atau 74%. Pertemuan 3: Jumlah siswa 34 orang, laki-laki 15 orang dan perempuan 19 orang hasil pengamatan aktifitas guru dari 18 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 89%. Pada hasil pengamatan aktifitas siswa dari 10 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 90%. Dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 29 orang atau 85% dengan nilai rata-rata 80,46.
Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran decision making dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di Kelas VIII SMP Negeri 8 Limboto.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Decision Making.
Download berkas