Penulis / NIM
CINDRA GIASI / 221414081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
CINDRA GIASI, 221 414 081, 2018. Menigkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Buzz Group Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di kelas VIIIB SMP Negeri 3 Duhiadaa Kabupaten Puhuwato. Skripsi. Jurusan Ilmu hokum dan kemasyarakatan, Prodi PPKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj, Zulaecha Ngiu M.Pd selaku dosen pembimbing 1 dan Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd selaku dosen pembimbing 2.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIIIB SMP Negeri 3 Duhiadaa. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, Metode yang di gunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode pembelajaran Diskusi Buzz. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi teknik pengelolaan dan analisis data yaitu menggunakan metode pembelajaran Diskusi Buzz yang di laksanakan dengan 1 siklus 2x pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil analisis yang di peroleh dari siklus 1 pertemuan pertama siswa yang tuntas mencapai 66,67%, kemudian setelah di adakan perbaikan pada pertemuan kedua hasilnya menigkat menjadi 86% dari 30 orang jumlah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Duhiadaa.
Adapun kesimpulan peneltian ini yaitu dengan menggunakan metode Diskusi Buzz Group yakni dapat menigkatkan aktivitas belajar siswa khususnya di kelas VIIIB SMP Negeri 3 Duhiadaa Kecamatan Duhiadaa Kabupaten Pohuwato.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Metode Diskusi Buzz Group.
Download berkas