Penulis / NIM
FITRIYANI DJAUHARI / 221414083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUCYANE DJAFAAR, M.Pa / 0006116804
Abstrak
ABSTRAK
FITRIYANI DJAUHARI 2018. "Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Card Sort Pada Mata Pelajaran PKn di kelas VIIIB SMP N Momalia. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Ibu Hj. Maisara Sunge, SH, MH selaku pembimbing I dan Ibu Dr. Lucyane Djaafar, SH, Mpa selaku pembimbing II.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan strategi pembelajaran card sort dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIIIB SMP N Momalia?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah Meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Card sort pada mata pelajaran PKn di kelas VIIIB SMP N Momalia.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model Card Sort. Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn yakni pada siklus I pertemuan ke I rata-rata hasil belajar siswa diperoleh yakni 10 orang siswa atau 40% yang tuntas belajar sehingga masih harus dilanjutkan ke pertemuan berikutnya dan pada pelaksanaan siklus I pertemuan II jumlah tersebut masih meningkat menjadi 21 orang siswa atau 84% dan ini sudah dinyatakan tuntas.
Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Card sort dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas VIIIB Sekolah Menengah Pertama Negeri Momalia.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa PKn, Model Pembelajaran Card Sort
Download berkas