Penulis / NIM
FARHAN BAHILA / 221414086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Farhan Bahila 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Glasser Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas XI IPA4 SMA Negeri 1 Marisa, Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Glasser pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI IPA4 SMA Negeri 1 Marisa.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Glasser. Dapat dilihat pada setiap siklus dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan lembar observasi kegiatan siswa selama proses belajar mengajar dengan criteria penilaian sangat baik (SB), baik (B), cukup (C), dan kurang (K) yaitu pertemuan 1: jumlah siswa 30 orang, laki-laki 9 orang dan perempuan 21 orang hasil lembar observasi kegiatan guru dari 18 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 72%, pada observasi kegiatan siswa dari 10 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 50%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 19 orang atau 63%. Pertemuan 2: jumlah siswa 30 orang, laki-laki 9 orang dan perempuan 21 orang hasil lembar observasi kegiatan guru dari 18 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 100%, pada observasi kegiatan siswa dari 10 aspek yang mencapai criteria sangatbaik (SB) dan baik (B) sebanyak 100%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 26 orang atau 87%.
Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Glasser dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di Kelas XI IPA4 SMA Negeri 1 Marisa.
Kata Kunci: Hasil Belajar PPKn, Model Glasser.
Download berkas