Penulis / NIM
HERLINA T. ULAMA / 221414087
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
HERLINA T. ULAMA Nim. 221 414 087. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas Ix Smp Negeri 5 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dr.Hj.Zulaecha Ngiu, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ibu Asmun W. Wantu, S.Pd M.Sc, selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi yang diajarkan khususnya mata pelajaran PKn di kelas IXB SMP NEGERI 5 Gorontalo. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dimana dalam hal ini penulis menggambarkan kegiatan atau aktivitas pembelajaran PKn yakni dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dari hasil penelitian tindakan ini ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih rendah pada siklus I pertemuan I, setelah diadakan perbaikan dari pada siklus I pertemuan II maka hasil yang diperoleh pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 83%, ini berarti penelitian penulis telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas IXB SMP Negeri 5 Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Problem Based Learning (PBL)
Download berkas