SKRIPSI

Penulis / NIM
NURDIN YOGA MAMONTO / 221414088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK Nurdin Mamonto 2018. Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis Web (e-Learning) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII5 Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Gorontalo, Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Hj. Maisara Sunge, SH. MH dan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Web (e-Learning) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII5 SMP Negeri 1 Gorontalo. Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran Web (e-Learning), dapat dilihat pada setiap siklus dengan menggunakan lembar pengamatan aktifitas guru dan lembar pengamatan aktifitas siswa selama proses belajar mengajar dengan kriteria penilaian sangat baik (SB), baik (B), cukup (C), dan kurang (K) yaitu pertemuan 1: Jumlah siswa 32 orang, laki-laki 13 orang dan perempuan 19 orang. Hasil pengamatan aktifitas guru dari 32 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 72%, pada pengamtan aktifitas siswa dari 10 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 40%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 17 orang atau 53%. Pertemuan 2: Jumlah siswa 32 orang, laki-laki 13 orang dan perempuan 19 orang. Hasil pengamtan aktifitas guru dari 32 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 100%, pada pengamatan aktifitas siswa dari 10 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 100%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 21 orang atau 81%. Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Web (e-Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di Kelas VIII5 SMP Negeri 1 Gorontalo. Kata Kunci: Hasil Belajar PKn, Model Web (e-Learning).
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011