Penulis / NIM
NURAIN HIPPY / 221414089
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUCYANE DJAFAAR, M.Pa / 0006116804
Abstrak
MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE PADA MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
DI KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 WONOSARI
KABUPATEN BOALEMO
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa tentang materi yang diajarkan khususnya pada mata pelajaran PKn di kelas VIIIA SMP Negeri 2 Wonosari. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Concept sentence, dimana hal ini penulis menggambarkan kegiatan atau aktivitas pembelajaran PKn yakni dengan menggunakan model pembelajaran Concept sentence.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yakni pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa di peroleh yakni yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 15 orang siswa atau 71,43%. Setelah diadakan perbaikan pada siklus 1 pertemuan 2 Meningkat menjadi 20 orang siswa atau 95,23%. dan ini sudah dinyatakan tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Concept sentence dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Wonosari.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar PPKn, Model Pembelajaran Concept Sentence.
Download berkas