Penulis / NIM
YAHYA TOBAMBA / 221414095
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Yahya Tobamba 2018."Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas VIII-2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Batudaa. Skripsi. Program studi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Djulaecha Ngiu, M.Pd, selaku dosen pembimbing I dan Ibu Asmun W. Wantu S.Pd, M.Sc, selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa tentang materi yang diajarkan khususnya pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Batudaa. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Think Talk Write dimana hal ini penulis menggambarkan kegiatan atau aktivitas pembelajaran PPKn yakni dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yakni pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa di peroleh yakni yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 12 orang siswa atau 44,44%. Setelah diadakan perbaikan pada siklus 1 pertemuan 2 Meningkat menjadi 22 orang siswa atau 81,48%. dan ini sudah dinyatakan tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di Kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Batudaa.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar PPKn, Model Pembelajaran Think Talk Write.
Download berkas