Penulis / NIM
ETY MAMONTO / 221414097
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUCYANE DJAFAAR, M.Pa / 0006116804
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
ETY MAMONTO, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewrganegaraan Kelas VII SMP 3 Satu Atap Bongomeme. Pembimbing I Ibu Dr. Dra. Hj. Lucyane Djaafar, SH.M.Pa. dan Pembimbing II : Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Bongomeme.
. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 3 Satu Atap Bongomeme kelas VII.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, serta dokumentasi. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanan tindakan, serta refleksi. Selanjutnya teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan aktivitas siswa yang diberikan kepada guru sejawat sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa diukur melalui data secara deskriptif dengan menggunakan analisis prosentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ; 1) jumlah siswa yang memperoleh nilai minimal 75 meningkat dimana pada awal Observasi observasi awal yang hanya 64.70 % meningkat menjadi 73.53 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 94.12%. 2) Hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kriteria sangat baik dan baik meningkat dari 62.50% pada pelaksanaan siklus I menjadi 90.28% pada pelaksanaan siklus II, dan 3) hasil pengamatan aktivitas siswa yang termasuk dalam kriteria sangat baik dan baik meningat dari 58.33 % pada pelaksanaan siklus I menjadi 91.67% pada pelaksanaan siklus II.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing dan Hasil Belajar
Download berkas