Penulis / NIM
NUR FIYANI TONGKONOO / 221415007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Nur Fiyani Tongkonoo. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran 0sgood dan Schramm pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di Kelas VIII-1 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo, Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd. dan Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran 0sgood dan Schramm pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII-1 MTs. Negeri 1 Kota Gorontalo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas VIII-1 dengan menggunakan model pembbelajaran Osgood dan Schramm. Tahap penelitin ini terdiri dari pengamatan, perencanaan, pelasanakan tindakan, evaluasi dan refleksi, teknik analisis data menggunkan lemar pengamatan guru dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran Osgood dan Schramm, dapat dilihat pada setiap siklus dengan menggunakan lembar pengamatan aktifitas guru dan lembar pengamatan aktifitas siswa selama proses belajar mengajar dengan kriteria penilaian sangat baik (SB), baik (B), cukup (C), dan kurang (K) yaitu pertemuan 1: jumlah siswa 30 orang, laki-laki 16 orang dan perempuan 14 orang hasil lembar observasi kegiatan guru dari 18 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 72,22%. dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 19 orang atau 63,33% pertemuan 2: jumlah siswa 30 orang, laki-laki 16 orang dan perempuan 14 orang hasil lembar observasi kegiatan guru dari 18 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 100%, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 26 orang atau 86,67%.
Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Osgood dan Schramm dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di Kelas VIII-1 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Hasil Belajar PPKn, Model Osgood dan Schramm
Download berkas