Penulis / NIM
CICI DEWI HASTUTI MOKOAGOW / 221415013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK
CICI DEWI H. MOKOAGOW. NIM:221415013, 2019. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Time Token Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Kelas VIII2 Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo Di Bawah Bimbingan I Hj. Maisara Sunge, SH, MH. Dan Pembimbing II Dr.Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd.
Dalam penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII2 Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas VIII2 dengan menggunakan model pembelajaran Time Token tahap penelitian ini terdiri dari pengamatan, perencanaa, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi, teknik analisis data menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa.
Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti ditemukan masih banyak siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada siklus 1 pertemuan pertama siswa yang tuntas hanya 15 orang siswa atau 56%dan 12 orang siswa atau 44% belum mencapai kriteria ketuntasan.dan di lanjutkan dengan siklus satu pertemuan kedua untuk perbaikan yaikni siswa yang mendapatkan kriteria ketuntasan minimum sebanyak 25 orang siswa atau 93% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 2 orang atau 7%.
Kesimpulan penelitian ini menggunakan model pembelajaran Time Token pada kelas VIII dapat meningkatkan motivasi belajar. Terutama pada siswa kelas VIII2 Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Telaga,Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci:Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, model pembelajaran Time Token.
Download berkas