Penulis / NIM
ANDI WIRDAYANTI / 221415014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Andi Wirdayanti 2019. Penerapan Model Pembelajaran Self-Directed Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Gorontalo, Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Drs. Revoltje O.W. Kaunang, M.Pd dan Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Self-Directed Learning pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun Teknik pengumpulan data ialah observasi, wawancara, tes. Teknik pengelolaan atau analisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning. Dapat dilihat pada siklus 1 pertemuan 1: jumlah siswa 32 orang, laki-laki 17 orang dan perempuan 15 orang, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 20 orang atau 63%. Sedangkan siklus 1 Pertemuan 2: jumlah siswa 32 orang, laki-laki 17 orang dan perempuan 15 orang, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 26 orang atau 81%. Jadi peningkatan hasil belajar siswa dari pertemuan 1 ke pertemuan ke 2 yaitu meningkat 18%.
Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Gorontalo.
Kata Kunci: Hasil Belajar PPKn, Model Self-Directed Learning.
Download berkas