Penulis / NIM
WAHYUDIN ADJILAHU / 221415024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
WAHYUDIN ADJILAHU, 221 415 024. 2019. Meningkatkan Pemahaman Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Guided Teaching Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Ilmu hukum dan kemasyarakatan, Prodi PPKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Hj. Maisara Sunge, SH, MH selaku dosen pembimbing 1 dan pak Rasid Yunus, S.Pd,M.Pd selaku dosen pembimbing 2.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa di SMP Negeri 1 Suwawa. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, adapun yang menjadi subjek penelitian ini yakni siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi teknik pengelolaan dan analisis data yaitu dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 dari indikator ketuntasan adalah 75%.
Dari hasil penelitian tindakan ini ditemukan bahwa kemampuan siswa dengan mengacu pada lembaran hasil siswa yang mana hasil mencapai Kemampuan memahami penjelasan guru pada kriteria âsangat baikâ 9%, kriteria âbaikâ, 19%, kriteria âcukupâ 28%, dan kriteria kurang 43%. Kemampuan memberi contoh pada kriteria âsangat baikâ 9%, kriteria âbaikâ 9%, kriteria âcukupâ 33%. Dan kriteria âkurangâ 48%. Kemampuan memberi kesimpulan pada kriteria âsangat baikâ 4%, kriteria âbaikâ 19%, kriteria âcukupâ 38%, dan kriteria âkurangâ 38%. Dilihat dari hasil tes pemahaman siswa siklus 1 pertemuan 1 yang tuntas 6 orang atau 28,57%, yang tidak tuntas 15 orang atau 71,43%. Pada siklus 1 pertemuan 1. Setelah diadakan perbaikan pada siklus 1 pertemuan 2 maka hasil yang diperoleh pada siklus 1 pertemuan 2 meningkat, dilihat dari hasil tes pemahaman siswa siklus 1 pertemuan 2 yang tuntas 16 orang atau 76,19%, yang tidak tuntas 5 orang atau 23,81%.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Guided Teavhing dapat meningkatkan pemahaman siswa pada Mata Pelajaran Pemdidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Suwawa.
Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran Guided Teaching, Pembelajaran PPKn
Download berkas