Penulis / NIM
RIZAL TAIB / 221415029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Rizal Taib. 2214150292019. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Somatic, Auditori, Visual, Dan Intelektual (SAVI) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas VIII1 Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Tilamuta Kab. Boalemo. Tugas akhir Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyaraktan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Ibu Asmun W. Wantu S.Pd, M.Sc.
Masalah pokok dalam penelitian yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran somatic, auditori, visual, intelektual (SAVI) di kelas VIII1 SMP Negeri 4 Tilamuta. Siswa yang dikenai tindakan adalah 20 orang siswa, penelitian ini menggunakan penelitian tindakan di kelas.
Dalam pengumpulan data digunakan lembar pengamatan kegiatan guru, siswa serta tes tertulis. Untuk mengetahui keberhasilan pencapaian tindakan apabila secara klasikal 75% jumlah siswa mendapatkan skor minimal 75. Untuk hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran somatic, auditori, visual, intelektual (SAVI) di kelas VIII1 SMP Negeri 4 Tilamuta pada Siklus I pertemuan I menunjukan bahwa dari 20 orang siswa yang di kenai 12 orang siswa atau 60% memperoleh nilai skor minimal 75 dan Siklus I Pertemuan II di sertai perbaikan terhadap aspek pembelajaran yang belum optimal. Perbaikan pada Siklus I Pertemuan I terhadap aspek pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (somatic, auditori, visual, dan intelektual) tersebut akhirnya berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa yakni 16 orang siswa atau 80% memperoleh skor minimal 75.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran SAVI, terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VIII1 SMP Negeri 4 Tilamuta.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Somatik, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI).
Download berkas