Penulis / NIM
ABD. RAHMAN DJIBU / 221415034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstrak
ABSTRAK
Abd. Rahman Djibu. 221415034 2019. "Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIIIA Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Botupingge. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Bapak Roni Lukum, S.Pd, M.Sc selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa tentang materi yang diajarkan khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Botupingge. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Reciprocal Teaching dimana hal ini penulis menggambarkan kegiatan atau aktivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yakni dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yakni pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa diperoleh yakni yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 9 orang siswa atau 32, 15%. Setelah diadakan perbaikan pada siklus 1 pertemuan 2 meningkat menjadi 23 orang siswa atau 82, 15% dan ini sudah dinyatakan tuntas. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Botupingge.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar PPKn, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching.
Download berkas