Penulis / NIM
AGUSTIYANTO HUSAIN / 221415035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
AGUSTIANTO HUSAIN. NIM : 221415035. â�Å"Strategi Guru PPKn Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa Di SMP Negeri 3 Kota Gorontaloâ�Â. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Neger iGorontalo. Pembimbing I Dr. Zulaecha Ngiu M.Pd dan Pembimbing II Rasid Yunus S.Pd, M.Pd.
Penelitianini bertujuan: (1) Untuk mengetahui Perilaku siswa di SMP Negeri 3 Gorontalo. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab perilaku menyimpang siswa di SMP Negeri 3 Gorontalo. (3) Untuk mengetahui strategi guru PPKn dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa di SMP Negeri 3 Gorontalo. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan obserfasi, wawancara, dandokumentasi. Adapun yang menjadi teknik analisis data yang digunakan adalah dengan cara reduksi, display, dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan perilaku siswa di SMP Negeri 3 Gorontalo baik, namun masih ada beberapa siswa yang kurang baik. Hal tersebut di pengaruhi oleh factor keluarga, lingkungan, ataupun pergaulan sesame teman sebaya. Strategi guru dalam mengatasi perilaku menyimpang guru sebagai pendidik sangatlah penting di mana selain mengajar di dalam kelas gurupun memberikan sanksi atau hukuman kepada siswa yang berperilaku buruk dan sebagai guru harus memberikan kesempatan pada anak didik untuk memperbaiki diri. Kendala yang dihadapi guru dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa, karakter siswa yaitu menghadapi karakter siswa yang berbeda-beda setiap anak, siswa yang tidak mau diatur, dan kurangnya perhatian orang tua.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwaS trategi guru PPKn dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa di SMP Negeri 3 Gorontalo baik, namun masih ada beberapa siswa yang kurang baik. Dikarenakan factor dari lingkungan keluarga danpergaulan teman sebaya.
Kata kunci: Strategi, guru PPkn, Perilaku Menyimpang
Download berkas