Penulis / NIM
HASAN ALIMU / 221415051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUCYANE DJAFAAR, M.Pa / 0006116804
Abstrak
ABSTRAK
Hasan Alimu 2018...."Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Brainstorming Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas XI-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Telaga. Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan,Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Hj.Maisara Sunge,SH.MH, Selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Dr. Hj.Lucyana Djafar,SH,M.pa, Selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa tentang materi yang diajarkan khususnya pada mata pelajaran PPKn di kelas IX-4 SMP Negeri 1 Telaga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pembelajaran Brainstorming dimana hal ini penulis menggambarkan kegiatan atau aktivitas pembelajaran PPKn yakni dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yakni pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa di peroleh yakni yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 12 orang siswa atau 40%. Setelah diadakan perbaikan pada siklus 1 pertemuan 2 Meningkat menjadi 18 orang siswa atau 83,33%. dan ini sudah dinyatakan tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di Kelas IX-4 SMP Negeri 1 Telaga .
Kata Kunci: Aktivitas Belajar PPKn, Metode Pembelajaran Brainstorming .
Download berkas