Penulis / NIM
JURIATI PONETA / 221415055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Juriati Poneta. NIM 221415055, Judul Skripsi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model ROPES (Review, Overview, Presentation, Exrise, Summary) Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IX1 di SMP Negeri 8 Limboto. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd, Selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd, Selaku Dosen Pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) melalui penerapan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exrise, Summary). Adapun metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Dalam penelitian ini Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi siswa dan guru, serta hasil evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan I siklus dengan II kali pertemuan, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75, dan indikator ketuntasan klasikal 75%.
Berdasarkan uraian di atas maka pada pembelajaran siklus pertemuan I dari sejumlah 25 orang siswa telah mengalami peningkatan. Siswa yang mempeoleh ketuntuasan nilai yaitu ada 10 siswa atau 40% dan pertemuan II yang memperoleh ketuntasan nilai siswa ada 23 siswa atau 92% . Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exrise, Summary), hasil belajar siswa dengan materi tentang Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa di kelas IX1 Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Limboto Meningkat
Kata Kunci: Pembelajaran, Model Ropes
Download berkas