Penulis / NIM
NIRWAN M. PULUBOLO / 221415056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Nirwan M. Pulubolo NIM 221415056, yang berjudul Skripsi Meningktakan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN melalui Penerapan Model Pembelajaran Sinetik di Kelas VIII1Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Limboto. Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd, Selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc, Selaku Dosen Pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) melalui Penerapan Model Pembelajaran Sinetik. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Berdasarkan uraian di atas maka pada pembelajaran Siklus satu pertama dari sejumlah 25 orang siswa telah mengalami peningkatan. Siswa yang memperoleh ketuntasan nilai yaitu ada 9 siswa atau 36% dan pertemuan kedua yang memperoleh ketuntasan nilai siswa ada 23 siswa atau 96% . Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran sinetik, kreativitas belajar siswa dengan materi tentang menumbuhkan kesadaran terhadap UUD RI Tahun 1945 di kelas VIII1 Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Limboto Meningkat.
Kata Kunci : Model Sinetik
Download berkas