Penulis / NIM
NURHAYATI H. AMAY / 221415057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
Nurhayati Amay 2019."Penggunaan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata PelajaranPendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas VIII8 Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Gorontalo. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj.Zulaecha Ngiu, M.Pd, Selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd, Selaku Dosen Pembimbing II.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui penggunaan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Dalam penelitian ini Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi siswa dan guru, serta hasil evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan I siklus II kali pertemuan, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75, dan indicator ketuntasan klasikal 75%. Berdasarkan analisis data dari 30 orang siswa maka dapat diketahui rata-rata peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yaitu: pada observasi awal yang mendapat nilai tuntas (40%). Pada siklus I pertemuan pertama pada aspek kognitif yang mendapat nilai tuntas (60%), dalam aspek afektif yang mendapat nilai tuntas (56,67%) dan untuk aspek psikomotor yang mendapat nilai tuntas (66,67%). Pada pertemuan kedua mengalami peningkatan pada aspek kognitif yang mendapat nilai tuntas (86,67%), pada aspek afetif yang mendapat nilai tuntas (83,33%) dan pada aspek psikomotor yang mendapat nilai tuntas (86,67%) jadi dapat disimpulkan, penggunaan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada mata pelajara PPKn, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas VIII8 SMP Negeri 6 Gorontalo dapat meningkat. Penelitian ini telah teruji kebenarannya dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing.
Kata Kunci: Hasil Belajar PPKn, Strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing.
Download berkas