Penulis / NIM
NUR'AIN PATARANI MUCHSIN / 221415062
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSRTRAK
NURAIN PATARANI MUCHSIN 2019. âPenerapan Model Pembelajaran Generatif Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas VII6 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tapa.â Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Hj. Maisara Sunge, SH, MH Selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd Selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa tentang materi yang diajarkan khususnya pada mata pelajaran PPKn di kelas VII6 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tapa. model yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Generatif dimana hal ini penulis menggambarkan kegiatan atau aktivitas pembelajaran PPKn yakni dengan menggunakan model pembelajaran Generatif .
Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yakni pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa di peroleh yakni memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 12 orang siswa atau 40%. setelah diadakan perbaikan pada siklus 1 pertemuan ke 2 meningkat menjadi 26 orang siswa atau 86,67%. dan ini sudah dinyatakan tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Generatif dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VII6 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tapa.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar PPKn, Model Pembelajaran Generatif .
Download berkas