Penulis / NIM
SARINI YUSUP / 221415064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
SARINI YUSUP 2019."Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Metode Pembelajaran Learning Start With A Question Di Kelas VII3 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tapa . Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd, Selaku Dosen Pembimbing I dan Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc Selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa tentang materi yang diajarkan khususnya pada mata pelajaran PPKn di kelas VII3 SMP Negeri 1 Tapa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pembelajaran Learning Start With A Question dimana hal ini penulis menggambarkan kegiatan atau aktivitas pembelajaran PPKn yakni dengan menggunakan metode pembelajaran Learning Start With A Question.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan yakni pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa di peroleh yakni yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 14 orang siswa atau 43,75%. Setelah diadakan perbaikan pada siklus 1 pertemuan 2 Meningkat menjadi 29 orang siswa atau 90,62%. dan ini sudah dinyatakan tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di Kelas VII3 SMP Negeri 1 Tapa .
Kata Kunci: Aktivitas Belajar PPKn, Metode Pembelajaran Learning Start With A Question.
Download berkas