Penulis / NIM
LAMPIN ALI / 221415073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
ABSTRAK
Lampin Ali.2015.Pengaruh Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewaqrganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.pembimbing I Dr. Zulaecha Ngiu, M.Pd. dan pembimbing II Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si.
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh teman sebaya dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa di jurusan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, fakultas ilmu social, universitas negeri gorontalo untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh mahasiswa di jurusan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, fakultas ilmu social, universitas negeri gorontalo dalam menyelesaikan studi. metode ini menggunakan metode kualitatif dengan prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpu;lkan bahwa Pengaruh Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewaqrganegaraan, Fakultas Ilmu Social, Universitas Negeri Gorontalo.teman sebaya dapat memotivasi temannya untuk dengan memberikan dorongan dan nasehat untuk tetap semanagat dalam menyelesaikan studi. teman sebaya juga dapat merangkul dengan melakukan pendekan melalui pemberian informasi terkait urusan kampus kepada temannya merasa diperhatikan atau dipedulikan. Jika tidak ada hal " hal seperti itu maka teman sebaya sangat sulit untuk mneyelesaikan studinya. Kendala yang dihadapi teman sebaya dalam menyelesaikan stuidi di pengaruhi oleh factor instrinsik meliputi aspirasi dan keampuan dan factor ekstrinsik meliputi lingkungan dan unsur " unsur dalam belajar dan pembelajaran.
Kata Kunci : pengaruh teman sebaya, motivasi belajar.
Download berkas