Penulis / NIM
LUSIANA BOTU / 221415075
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstrak
ABSTRAK
Lusiana Botu. 2022, Ã���Ã..."Persepsi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Tentang Efektivitas Pembelajaran terhadap Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 LimbotoÃ���Ã�ÂÂ.Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd, selaku dosen pembimbing I dan Bapak Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si selaku dosen pembimbing II.
Tujuan penelitian ini untuk melihat suatu pendapat guru Pendidikan Kewarganegaraan tentang efektivitas pembelajaran terhadap pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Limboto. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif dengan sampel sebagian guru Pendidikan Kewarganegaraan yang ada di SMP Negeri 1 Limboto.
Dari segi persepsi tentang efektifitas pembelajaran sudah dilakukan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dari pendahuluan, inti kegiatan dan penutup pembelajaran. Pembelajaran terjadi dua kali pergantian metode pembelajaran, yaitu daring dan tatap muka terbatas. Adapun faktor penghambat dalam pembelajaran yaitu bersumber ketersediaan jaringan internet bagi siswa, sulitnya mengontrol siswa, pembelajaran sifatnya teori yang memberikan efek satu arah, kurangnya kesiapan siswa dalam pembelajaran dan lingkungan keluarga dan masyarakat yang kondusif. Selain itu faktor yang mempenaruhi pendidikan karakter juga dari dalam diri siswa, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam menentukan karakter siswa di SMP Negeri 1 Limboto belum dapat dikatakan efektif. Dilihat dari segi afektif sehari-hari.
Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran, Efektivitas, Karakter
Download berkas