Penulis / NIM
ZULKIFLI NONGE / 221415084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstrak
ABSTRAK
Zulkifli Nonge.2019, Nim.221415084. âMeningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidkan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Model Pemebelajaran Storytelling dan Picture and Picture Di Kelas VII2 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo.â Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) adapun subjek penelitian ini adalah kelas VII2 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo. Yang menjadi tujuan utama adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui penerapan model pembelajaran Storytelling dan Picture and Picture di kelas VII2 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo.
Pada Penelitian ini, Hasil Pemahaman siswa pada siklus 1 pertemuan pertama Untuk Kriteria Baik (B) Kemampuan menjelaskan siswa hanya memperoleh presentase 59%, Kemampuan menguraikan siswa hanya memperoleh presentase 29% dan kemampuan siswa dalam merangkum memperoleh presentase 50%. Dengan demikian perolehan pemahaman siswa belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Pada siklus1 Pertemuan kedua Dilihat pada kriteria (Baik) kemampuan menjelaskan memperoleh presentase 88%, kemampuan menguraikan siswa memperoleh presentase 80%, dan kemampuan merangkum memperoleh presentase 88%. Sedangkan pada Kriteria (Cukup), kemampuan menjelaskan siswa memperoleh presentase 12%, kemampuan menguraikan memperoleh presentase 20% dan kemampuan merangkum memperoleh presentase 12%. sedangkan pada kriteria (Kurang) kemampuan menjelaskan memperoleh Presentase 0%, kemampuan menguraikan siswa memperoleh presentase 0% dan kemampuan merangkum siswa memperoleh presentase 0%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran storytelling dan picture and picture dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas VII2 MTs Negeri 1 Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran Storytellling dan Picture and picture
Download berkas