Penulis / NIM
SRI MARIYANTI TOLULU / 221415087
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK
SRI MARIYANTI TOLULU. 2019. ..."Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Melalui Model VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VIID SMP Negeri 1 Kabila. Skripsi. Pembimbing I Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd. Pembimbing II Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran VAK dikelas VIID SMP Negeri 1 Kabila.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi kegiatan guru, observasi kegiatan siswa dan melakukan evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Kemudian data hasil analisis menggunakan analisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yakni:
Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas VIID SMP Negeri 1 Kabila.
Kata Kunci : Mengemukakan Pendapat, Model Pembelajaran VAK, Mata Pelajaran PPKn.
Download berkas