Penulis / NIM
NURHAYATI NANI / 221415092
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUCYANE DJAFAAR, M.Pa / 0006116804
Abstrak
Abstrak
Nurhayati Nani2019. "Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui ModelPembelajaran Make A MatchPada Mata PelajaranPendidikan Pancasila DanKewarganegaraan Di Kelas VII-ASekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bulango Timur. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Bapak Drs. Revotje O.W. Kaunang, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan IbuDr.Hj.Luciyane Djaafar,SH.,M.pa selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa tentang materi yang diajarkan khususnya pada mata pelajaran PPKn di kelas VII-A SMP Negeri 1 Bulango Timur. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match dimana hal ini penulis menggambarkan kegiatan atau aktivitas pembelajaran PPKn yakni dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yakni pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa di peroleh yakni yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 16 orang siswa atau 44,44%. Setelah diadakan perbaikan pada siklus 1 pertemuan 2 Meningkat menjadi 32 orang siswa atau 88,89%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas VII-A SMP Negeri 1 Bulango Timur.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar PPKn, Model Pembelajaran Make A Match.
Download berkas