Penulis / NIM
ULFAWATY AHMAD / 221415093
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstrak
ABSTRAK
Ulfawaty Ahmad, 2019. ..."Penerapan Model Pembelajaran Gallery Walk untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Kelas VIIA Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Gorontalo. Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu,M.Pd, selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Asmun W. Wantu,S.Pd, M.Sc, selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa tentang materi yang diajarkan khususnya pada mata pelajaran PPKn di kelas VIIA SMP Negeri 3 Gorontalo. Model Pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Gallery Walk dimana hal ini penulis menggambarkan kegiatan atau aktivitas pembelajaran PPKn yakni dengan menggunakan model pembelajaran Gallery Walk.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yakni pada siklus 1 pertemuan pertama rata-rata hasil belajar siswa di peroleh yakni yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 10 orang siswa atau 31,25%. Setelah diadakan perbaikan pada siklus 1 pertemuan kedua meningkat menjadi 27 orang siswa atau 84,37%. dan ini sudah dinyatakan tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Gallery Walk dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di Kelas VIIA SMP Negeri 3 Gorontalo.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar PPKn, Model Pembelajaran Gallery Walk.
Download berkas