SKRIPSI

Penulis / NIM
ISRAN B. NGAU / 221415096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK ISRAN B. NGAU, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Indeks Card Match Di Kelas VIII SMPN 5 Satap Batudaa Pantai. Skripsi, Pembimbing I : Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd, Pembimbing II : Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd. fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi SI Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Indeks Card Match di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Satap Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas, adapun yang menjadi subjek penelitian adalah kelas VIII SMP Negeri 5 Satap Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan tekhnik dokumentasi. Adapun yang menjadi teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan model pembelajaran Indeks Card Match yang dilaksanakan dengan I siklus II kali pertemuan, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 75%. Hasil penelitian yang dilakukan dilihat dari 3 aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotor yakni siklus I pertemuan I : berdasarkan KKM yang ditetapkan, dari jumlah siswa 24 orang terdapat 13 orang siswa yang dinilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 54% dari ketuntasan yang telah ditetapkan. Siklus I pertemuan II : dari jumlah siswa 24 orang terdapat 20 orang siswa yang dinilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 83% dari ketuntasan yang telah ditetapkan. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap hasil belajar siswa yakni dari 29% (observasi awal), meningkat menjadi 54% (pertemuan I), dan 83% (pertemuan kedua). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Indeks Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 5 Satap Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar PPKn, Model Pembelajaran Indeks Card Match
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011