SKRIPSI

Penulis / NIM
WINDAWATI SUDIRMAN / 221415097
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Pembimbing 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstrak
ABSTRAK WINDAWATI SUDIRMAN. 221 415 097. "Penerapan Model Reciprocal Learning Dan Take And Give Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di Kelas VIII10SMP Negeri 6 Gorontalo. Skripsi. Pembimbing I Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd. Pembimbing II Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan , Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran Reciprocal Learning Dan Take and Give di kelas VIII10 SMP Negeri 6 Gorontalo. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi langsung kepada guru mata pelajaran, dan melakukan evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Kemudian data hasil analisis menggunakan analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yakni : (1) hasil pengamatan kreativitas belajar siswa pada siklus 1 pertemuan pertama sebesar 66% atau 20 orang yang memperoleh nilai 70 ke atas kemudian pada siklus 1 pertemuan kedua terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa mencapai 87% atau 26 orang yang memperoleh nilai diatas KKM 70. (2) selanjutnya untuk hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk kategori Sangat Baik dan baik mencapai 62% pada siklus 1 pertemuan pertama dan lebih meningkat menjadi 92% pada siklus 1 pertemuan kedua. (3) kreativitas belajar siswa yang termasuk kategori Sangat Baik dan Baik mencapai 66% pada siklus 1 pertemuan pertama dan kemudian meningkat menjadi 87% pada siklus 1 pertemuan kedua. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Learning Dan Take and Give dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa di kelas VIII10 SMP Negeri 6 Gorontalo. Kata Kunci : Kreativitas Belajar PPKn, Model Pembelajaran Reciprocal Learning Dan Take and Give
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011